Skripsi PS
Pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan nasabah menabung pada tabungan umum Syariah di BMT Nusantara cabang pembantu Bulak Surabaya
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk
mendapatkan perhatian, akuisisi, penggunaan, atau konsumsi yang mungkin
memuaskan keinginan atau kebutuhan. Promosi adalah suatu fungsi atau proses
untuk memberi informasi, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan
pembelian konsumen.Pengambilan keputusan konsumen adalah proses
pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua
perilaku alternatif atau lebih, dan memilih salah satu dari alternatif pilihan
alternatif tersebut. Adanya penelitian ini dilakukan karena nasabah atau
masyarakat kurang paham mengenai produk-produk Tabungan mekanisme,
sistem, seluk beluk, keuntungan atau manfaat dan sesuai atau tidak dengan
kebutuhan atau keinginan serta promosi yang dilakukan oleh BMT UGT
Nusantara Capem Bulak kepada nasabah atau masyarakat masih di lingkup
pasar. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu statistik
deskriptif dengan pengukuran skala likert. Teknik pengambilan sampel ini
dengan teknik sampel acak yaitu dilakukan secara acak tanpa memperhatikan
identitas yang ada dalam populasi, dengan jumlah responden 117 nasabah
tabungan BMT UGT Nusantara Capem Bulak Surabaya. Teknik pengumpulan
data menggunakan Kuesioner sedangkan analisis data menggunakan analisis
regresi linier berganda. Hasil: Ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8,096 >
1,677) sehingga terdapat pengaruh yang positif atau signifikan antara variabel
produk dan Promosi bahwa thitung > ttabel (5,199 > 1,677) terhadap keputusan
nasabah menabung pada tabungan umum syariah di BMT UGT Sidogiri Cabang
Pembantu Bulak Surabaya atau hipotesis. Hasil uji regresi linier berganda
menunjukkan bahwa Produk dan promosi, Bersama-sama berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. hasil statistic uji F dari
tabel anova diperoleh = 72,515 > = 3,10 sedangkan tingkat
signifikansi/probabilitas 0,000 < 0,05.
Kunci: Produk, Promosi, Keputusan Menabung
Tidak tersedia versi lain