Skripsi MPI
IMPLEMENTASI PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA TA’MIRIYAH SURABAYA
Boarding school memiliki peranan penting dan strategis dalam
pembentukan akhlak yang paripurna, hal ini bisa dicermati dari latar belakang
berdinya boarding school yang memadukan kurikulum pesantren dengan sekolah
umum. Sistem boarding school ini dinilai efektif untuk merelisasikan
pembentukan karakter religius dalam diri siswa. Karena siswa akan dengan mudah
ditanamkan karakter-karakter positif dan pembimbing dalam 24 jam akan mudah
pula memantau perkembangan karakter mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang
Implementasi Program Boarding School Dalam Membentuk Karakter Religius
Siswa SMA Ta’miriyah Surabaya, Sehingga dalam penelitian terdapat tiga
rumusan masalah (1) Bagaimana implementasi program boarding school dalam
membentuk karakter religius siswa? (2) Bagaimana karakter siswa pada
implementasi program boarding school? (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor
penghambat program boarding school dalam membentuk karakter religius siswa
di SMA Ta’miriyah Surabaya?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian SMA
Ta’miriyah Surabaya ini memiliki kurikulum pendidikan agama, pendidikan
umum serta menciptakan pembelajaran yang bertujuan untuk menjadikan generasi
yang berakhlakul karimah dan generasi pendidik yang berkompeten di bidangnya
serta religius di masa sekarang maupun yang akan datang. Dalam penelitian ini
menggunakan data primer yang didapatkan melalui penelitian yang berupa
wawancara dengan Kepala Sekolah dan Waka Keislaman di SMA Ta’miriyah
Surabaya.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa SMA Ta’miriyah Surabaya
mengimlemetasikan program boarding schoolnya dengan cara mengembangkan
lingkungan belajar yang islami dengan mengoptimalkan peran serta orang tua,
masyarakat, dan pemerintah. Boarding school di SMA Ta’miriyah membentuk
karakter religius yang cukup baik dalam berbagai hal semisal sopan santun kepada
guru, pengasuh, teman dan lingkungan sekitarnya, lebih kuat dan kukuh dalam
beriman dan bertaqwa serta menerapkan kedisplinan dan tanggung jawab terhadap
siswanya kendati demikian masih terdapat beberapa siswa yang belum
menunjukan karakter tersebut disebabkan dari latar belakang lingkungan dan
sekolah siswa yang masih belum beradaptasi dengan lingkungan sekolah
sekarang. Hal ini yang menjadikan bahan evaluasi para tenaga untuk
mengoptimalkan dan menciptakan sistem pembelajaran yang kekinian dan asik
sehingga para siswa dapat beradaptasi dan nyaman ketika melaksanakan program
boarding school selain didukung dengan fasilitas lingkungan yang sudah
mumpuni dalam menciptkan lingkungan yang Islami dan religius.
Kata Kunci: Boarding School, Karakter Religius, SMA Ta’miriyah Surabaya
Tidak tersedia versi lain