Skripsi MPI
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SUNAN AMPEL SURABAYA
Bagi peserta didik, kurikulum difungsikan sebagai sarana untuk mengukur kemampuan diri
dan konsumsi pendidikan. Hal ini berkaitan juga dengan pengejaran target yang membuat peserta
didik dapat dengan mudah memahami berbagai materi dan melaksanakan proses pembelajaran
dengan mudah.
Penelitian ini berusaha menganalisa tentang implementasi manajemen kurikulum dalam
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Surabaya.
Skripsi ini merumuskan tiga pertanyaan utama, 1) Bagaimana Impelemtasi Manajemen
Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Surabaya, 2) Bagaimana Kualitas
Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Surabaya, dan 3) Bagaimana Implementasi
Manajemen Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah
Sunan Ampel Surabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan
menggunakan instrumen pengumpulan data berupa metode wawancara, metode observasi, dan
metode dokumentasi
Hasil penelitian ini menemukan bahwa 1) implementasi manajemen kurikulum di Madrasah
Tsanawiyah Sunan Ampel Surabaya dilakukan dengan melakukan perencanaan dan
pengorganisasian pembelajaran yang berorientasi pada siswa dan seluruh kemampuannya, 2)
Kualitas Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Surabaya sudah mencapai nilai
baik, dan 3) Manajemen Kurikulum yang diimplementasikan Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel
Surabaya dan berorientasi pada siswa dan kemampuannya menggunakan beberapa metode
pembelajaran seperti metode ceramah, praktik, dan diskusi yang demokrasi. Hal dibarengi dengan
penyuluhan kepada wali peserta didik untuk mencapai kualitas pembelajaran yang signifikan,
karena memang kultur yang ada hanya memandang pendidikan sebatas formalitas.
Kata Kunci: Pendidikan, Manajemen, Kualitas
Tidak tersedia versi lain