Skripsi MPI
MANAJEMEN MATERI KEISLAMAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS YATABU SURABAYA
Penelitian ini menganalisa manajemen materi keislaman dalam meningkatkan
minat belajar peserta didik di MTs Yatabu Surabaya dalam mengetahui manajemen
pada materi keislaman sehingga mempengaruhi minat belajar peserta didik yang
semakin meningkat di MTs Yatabu Surabaya. Penelitian ini membahas tentang
menejemen materi keislaman dan minat belajar peserta didik dalam bidang Al-
Qur’an. Dengan bertujuan untuk mengetahui manajemen pada materi keislaman di
MTs Yatabu Surabaya dan untuk mengurai manajemen materi keislaman dalam
meningkatkan minat belajar di MTs Yatabu Surabaya pada tahun 2022-2023.
Skripsi ini memuat dua pertanyaan utama, yaitu 1). Bagaimana manajemen materi
keislaman di MTs Yatabu Surabaya, dan 2). Bagaimana menejemen materi
keislaman dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Yatabu
Syrabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam
pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini antara lain, 1). Keberhasilan manajemen materi keislaman
di MTs Yatabu Surabaya tidak lepas dari penerapan manajemen materi keislaman
di MTs Yatabu dengan melakukan pengorganisasian secara sistematis dengan
menggunakan dua model kurikurum yaitu kurikulum pesantren dan kurikulum
kemenag. 2). Dapat diketahui bahwa manajemen materi keislaman dalam
meningkatkan minat belajar peserta didik pada bidang Al-Qur’ansetiap tahunnya
terdapat peningkatan hafalan dan murajaah, dengan hasil penelitian di lapangan
manajemen materi keislaman dapat mempengaruhi minat belajar peserta didik di
MTs Yatabu Surabaya.
Kata Kunci: Manajemen Materi Keislaman, Minat Belajar, MTs Yatabu Surabaya
Tidak tersedia versi lain