Skripsi MPI
MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI ERA MODERNISASI PENDIDIKAN / Studi Tentang Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya
Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan yang berperan besar dalam
menghadirkan alternatif baru dalam sistem pembelajaran di era modernisasi.
Modernisasi itu sendiri adalah sebuah perubahan dan perkembangan yang terjadi
di dunia pendidikan pesantren, yang semakin lama semakin terbuka dengan pola
dan pemikiran dari luar.
Skripsi ini difokuskan membahas tentang Sistem Pendidikan di Pondok
Pesantren Assalafi Al Fithrah. tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan: (1) Bagaimana Sistem
Pendidikan Pesantren Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya di Era
Modernisasi. (2) Apa Saja Faktor pendukung dan Penghambat Sistem pendidikan
pesantren Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya.
Skripsi ini termasuk menggunakan metode kualitatif jenis penelitian
lapangan (Field Reseacrh), yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Assalafi Al
Fithrah Surabaya. Selain itu penelitian ini melibatkan studi kepustakaan yang
dijadikan sumber data. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, dokumentasi. Dan analisis data dalam penelitian ini lebih difokuskan
selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) Pondok
Pesantren Assalafi Al Fithrah telah berhasil melakukan Modernisasi di bidang
pendidikan, yang dimana sistem pendidikan di pondok pesantren ini telah
melaksanakan pendidikan Formal dan Non Formal yang mengacu pada kurikulum
pemerintah (KEMENAG-RI), namun ditengah-tengah hura-haranya pendidikan
modern Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah masih mempertahankan sistem
pendidikan yang aslinya yang menggunakan metode Bandongan dan Sorogan. 2)
kurikulum yang sudah tersusun secara jelas dan memiliki acuan, tersedianya SDM
namun kualifikasi pendidikan yang ditempuh tidak sesuai dengan pekerjaannya,
Sarana dan Prasarana yang luas dan memadai namun masih ada yang kurang
memadai dari segi tempat pembelajaran yang masih kurang dan gedung yang
masih dibangun.
Kata Kunci : Manajemen, Modernisasi Pendidikan, Al Fithrah, Non Klasikal
Tidak tersedia versi lain