Skripsi MPI
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL WUSTHA
Pendidikan karakter telah menjadi polemik di berbagai negara, termasuk di
Indonesia pandangan pro dan kontra mewarnai diskursus Pendidikan karakter sejak
lama karena Pendidikan karakter merupakan bagian esensial yang menjadi tugas
Lembaga Pendidikan, tetapi selama ini kurangperhatian. Minimnya perhatian terhadap
Pendidikan karakter dalam ranah persekolahan, sebagaiman dikemukakan Thomas
Lickona, menyebabkan berkembangnya berbagai penyakit sosial ditengah masyarakat,
seperti rusak dan mundurnya moral, akhlak, dan etika
Rumusan masalah dari latar belakang ini ialah bagaimana perencanaan
Pendidikan karakter, bagaimana pelaksanaan Pendidikan karakter, bagaimana evaluasi
yang akan dilakukan sehingga terlaksananya Pendidikan karakter tersebut.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Penelitian
dilakukan pada PDF Wushta Al Fitrah Surabaya. Penelitian kualitatif biasa disebut
dengan penelitian lapangan. Maksud dari penelitian adalah untuk mengetahui apa yang
terjadi oleh subjek penelitian. Dalam penelitian kualitatif, subjek penelitian berupa
perilaku, tindakan, motivasi, persepsi dengan menggunakan cara deskripsi Teknik
pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
PDF Wustha dalam penanaman tanggung jawab dalam pendidikan karakter
melibatkan para pengajar berserta para santri atau peserta didik baik itu kepala sekolah,
ustadz/ ustadzah berperan dalam menciptakan kondisi kondusif bagi perkembangan
karakter santri. Selain itu, pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan ketika
kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter
dalam setiap mata pelajaran. Sedangkan diluar kegiatan belajar mengajar (KBM)
diimplementasikan dalam kegiatan ekstrakulikuler. Selain itu dalam berinteraksi ustadz
dan santri menerapkan pembiasaan, yakni keteladanan ustadz.
Kata kunci: Manajemen, Pendidikan, Karakter.
Tidak tersedia versi lain