Skripsi MPI
MANAJEMEN KURIKULUM MA'HAD ALY AL FITHRAH DALAM MENCETAK KADER ULAMA TASAWUF GENERASI Z
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang
pengembangan kurikulum di Ma’had Aly Al Fithrah baik bagaimana proses
perancangan hingga evaluasi serta strategi pengembangan kurikulum yang
dilakukan dalam mencetak kader ulama Tasawuf pada generasi Z.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian
diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan data pendukung
lainnya yang relevan yang dibagi menjadi dua yakni sumber data primer terdiri
dari Kepala/Mudir Ma’had Aly, bagian kurikulum/akademik, pendidik/dosen, dan
mahasantri. Data sekundernya ialah data-data yang relevan tentang pengembangan
kurikulum di Ma’had Aly Al Fithrah. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan
sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan hingga
penelitian selesai sampai tuntas.
Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah, yaitu: bagaimana
manajemen kurikulum pendidikan di Ma’had Aly Al Fithrah dan bagaimana
strategi pengembangan kurikulum Ma’had Aly AL Fithrah dalam mencetak kader
ulama tasawuf generasi Z.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang terlaksana di
Ma’had Aly Al Fithrah sudah sesuai dengan tuntunan kurikulum dari Kementrian
Agama Islam Republik Indonesia. Menggunakan pendekatan tematik dalam
pembelajarannya, Kitab Kuning atau kitab Turos sebagai sumber kajian, dan
dalam manajemennya memuat perencanaan, pengorganisasian,
pengimplementasian, dan evaluasi. Strategi pengembangan kurikulum yang
dilaksanakan sudah cukup efektif dalam mencetak generasi ulama Tasawuf di era
modern ini. Dalam menghadapi perkembangan zaman kurikulum di Ma'had Aly
Al Fithrah tidak monoton di tasawuf dan thariqoh semata, tetapi juga
memasukkan pengetahuan-pengetahuan umum seperti kewarganegaraan, bahasa
Indonesia dan mata pelajaran umum lainnya yang menunjang. Ada mata kuliah
stategi dakwah karena mereka dikader untuk pendakwah/ulama dan kaitannya
dengan zaman sekarang Ma'had Aly Al Fithrah memasukkan mata kuliah Fiqh.
meskipun yang dipelajari kitab-kitab salaf tetapi pengimplementasiannya secara
komparatif yang dihubungkan dengan permasalahan-permasalahan pada masa
sekarang ini. Strategi pengembangan kurikulum tersebut bisa terlaksana dengan
baik karena dalam pengembangannya Ma’had Aly Al Fithrah melakukan
penyeleksian bahan kurikulum (mata kuliah) sesuai dengan tahapannya yang
meliputi; identifikasi kebutuhan, mencari dan memperoleh bahan kebutuhan,
analisis bahan, penilaian bahan kurikulum, dan pembuatan keputusan adobsi
bahan..
Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum Ma’had Aly, Ulama Tasawuf.
Tidak tersedia versi lain