Skripsi MPI
UPAYA KEPALA MADRASAH PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN / Studi Kasus di Lembaga Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Ulya Al Fithrah Surabaya
Mutu pembelajaran dapat dilakukan dengan meningkatkan dan memperkuat
manajemen oleh kepala sekolah dengan memperkuat aspek-aspek yang ada di
lingkungan madrasah sehingga semuanya mendukung dalam meningkatkan mutu
pendidikan khususnya yang ada di madrasah tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Upaya Kepala
Madrasah Pendidikan Diniyah Formal Ulya Al Fithrah Surabaya dalam
meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga dalam penelitian terdapat dua rumusan
masalah (1)Bagaimana upaya kepala madrasah PDF Ulya Al Fithrah Surabaya
dalam meningkatkan mutu pendidikan? (2)Apa faktor pendukung dan penghambat
dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di PDF Ulya Al Fithrah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian di Pendidikan
Diniyah Formal Ulya Al Fithrah Surabaya ini berkurikulum pendidikan agama,
pendidikan umum dan muatan lokal madrasah serta menciptakan pembelajaran
yang bertujuan untuk menjadikan generasi yang berakhlakul karimah dan generasi
pendidik yang berkompeten di bidangnya di masa yang akan datang. Dalam
penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan melalui penelitian yang
berupa wawancara dengan kepala sekolah dan waka kurikulum di Pendidikan
Diniyah Formal Ulya Al Fithrah Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa kepala madrasah Pendidikan
Diniyah Formal Ulya Al Fithrah dalam meningkatkan mutu pendidikan di
madrasahnya adalah sering mengadakan rapat dan evaluasi rutin untuk mengatasi
peserta didik yang berbeda karakter dalam upaya peningkatan kualitas dan
pengontrolan pembelajaran agar tetap kondusif dan efektif, kepala madrasah dan
guru-guru atau staf lain saling bekerja sama dalam membimbing dan melayani
peserta didik agar mutu pendidikan lebih meningkat serta membuat program
penegambangan mutu untuk meningkatkan kualitas kompetensi peserta didik.
Faktor yang menjadi pendukung dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan yaitu
adanya support dan bantuan dari para guru, staf, kabag pendidikan dan kepala
pondok sedangkan faktor yang menjadi penghambat yang perlu perhatian lebih
yaitu sulitnya memahami berbagai karakter peserta didik dan pelanggaran yang
dilakukannya untuk menjadikan meningkatnya kualitas peserta didik.
Kata Kunci: Upaya Kepala Madrasah, Meningkatkan Mutu Pendidikan, PDF Ulya Al Fithrah
Tidak tersedia versi lain